Inilah Senyawa Penyebab Orang Ketagihan Makanan Pedas



Para peneliti dari CSIRO asal Australia yang dipimpin John Prescott ungkap senyawa penyebab seseorang ketagihan makanan pedas. John Prescott mengungkapkan bahwa senyawa penyebab orang bisa kecanduan makanan pedas adalah ditemukannya senyawa bernama capsaicin.

Capsaicin ditemukan dalam tanaman dengan genus capsicum seperti paprika merah dan cabai. Senyawa tersebut membuat sensasi rasa terbakar di mulut. Pemicu rasa itu disebabkan oleh saraf trigeminal yang memiliki cabang di mata, hidung, lidah, dan mulut.
Dalam penelitiannya, Prescott menemukan kalau capsaicin mendorong pelepasan hormon endorfin yang merupakan penghilang rasa sakit alami tubuh. Endorfin juga menciptakan perasaan senang dan nyaman. Sehingga ketika seseorang menikmati makanan yang mengandung capsaicin, mereka akan makan lebih banyak.
Capsaicin yang telah dirasakan di dalam mulut akan membuat hormon endorfin meningkat dan pecinta makanan pedas merasa lebih nyaman. Sehingga pecinta makanan pedas rela merasakan perasaan terbakar dimulut.
Para peneliti juga mengingatkan bahwa mengkonsumsi makanan pedas berlebihan bisa merusak saraf trigeminal. Dengan begitu seseorang tidak akan pernah merasa puas jika belum mengkonsumsi makanan pedas yang diinginkan.

0 comments:

Post a Comment

 
  • Makanan Pedas © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes
    Free Burger Cursors at www.totallyfreecursors.com