Manfaat Makan Makanan Pedas yang Harus Anda Ketahui

chili_chubbybat_nc%25255B12%25255D.jpg?i
Salah satu ciri khas makanan Indonesia adalah pedas. Namun tahukah anda bahwa selain dapat bermanfaat untuk meningkatkan selera makan, makanan pedas ternyata juga banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan kita.

Beberapa manfaat dari makan makan yang pedas adalah:

1. Bisa menurunkan berat badan.

Rasa pedas itu bisa meningkatkan metabolisme Anda. Studi menunjukkan bahwa senyawa utama dalam cabai, yaitu kapsaisin, memiliki efek termogenik yang bisa menyebabkan tubuh membakar kalori saat mengunyah selama 20 menit.

2. Untuk mencegah kanker

Menurut American Association for Cancer Research, kapsaisin juga memiliki kemampuan membunuh beberapa sel kanker dan leukimia. Sedangkan kunyit, yang dijadikan bumbu kari dan mustar, bisa memperlambat penyebaran kanker dan pertumbuhan tumor. Bila ingin memberikan hasil maksimal, kombinasikan dengan lada hitam untuk menyerap kunyit 2.000 persen lebih banyak.

3. Mengurangi stres

Makanan pedas meningkatkan produksi hormon yang memberikan rasa menyenangkan, seperti serotonin. Hasilnya, makanan ini membantu mengusir depresi dan stres.

4. Menyehatkan jantung

Hasil studi juga menunjukkan, budaya mengonsumsi makanan pedas menyebabkan insiden serangan jantung dan stroke yang lebih rendah. Alasannya, cabai merah bisa mengurangi efek merusak dari kolesterol jahat, sedangkan kapsaisin bisa melawan peradangan. Keduanya merupakan faktor risiko untuk masalah jantung.

5. Menurunkan tekanan darah

Vitamin A dan C mampu menguatkan dinding otot jantung, sementara panas dari lada meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Kombinasi hal ini bisa menghasilkan sistem kardiovaskuler yang lebih kuat.

Untuk mendapatkan lebih banyak manfaat untuk kesehatan, kita bisa menambahkan bumbu- bumbu yang mengandung seng ke dalam menu makanan. Sebagai contoh kita bisa memasukkan jahe yang sudah digeprek di dalam teh. Atau bisa juga dengan membuat udang dengan bumbu jinten dan ketumbar yang ditumis di dalam kuali. Kita juga bisa menambahkan taburan bubuk cabai ke dalam kari ayam yang Anda buat.

Semoga informasi tentang manfat makan makanan pedas diatas dapat bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

 
  • Makanan Pedas © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes
    Free Burger Cursors at www.totallyfreecursors.com