Bolehkah Makan Pedas Selama Hamil dan Menyusui


Mitos turun-temurun tidak boleh makan pedas selama masa kehamilan dan menyusui telah menyebabkan perempuan membatasi makan pedas. Tapi kenyataannya makanan pedas tidak memengaruhi janin dan kualitas ASI benarkah? Kami memuat artikel tentang makanan pedas yang sumbernya berasal dari pertanyaan pembaca. Semoga bermanfaat

Tanya: Apakah aman makan pedas selama masa kehamilan dan menyusui?
Jawab: Kenapa tidak? Jika makanan pedas tidak menyebabkan mulas, tidak ada alasan mengapa Anda tidak dapat menikmati makanan favorit Anda yang pedas saat sedang hamil. Memang ada beberapa perempuan yang mungkin khawatir bahwa hidangan berasa tajam dapat memicu kontraksi dan bisa menyebabkan persalinan lebih cepat. Tak ada bukti ilmiah yang benar –benar valid makanan pedas bisa memgakibakan kontraksi dan berpengaruh pada janin. Makanan pedas hanya berpengaruh pada si ibu. Sementara janin mengambil nutrisi dari cabai yang banyak mengandung vitamin C. Jika ada yang melarang makan pedas, itu hanya cerita lama.
Lalu apa pengaruh makanan pedas pada ibu menyusui? Tidak ada. Rasa Pedas timbul karena senyawa capsaicin pada cabai membuat panas, terbakar dan nyeri di lidah atau kulit. Senyawa capsaicin bisa terkandung di dalam ASI. tapi tidak cukup kuat untuk membuat lidah bayi panas atau nyeri.
ASI di produksi dengan mengambil nutrisi dari darah ibu. Bukan dari pencernaan si ibu. Jadi kalau ASI pedas, darah ibu juga. Jika si bayi mencret, itu bukan karena makanan pedas yang dikonsumsi si ibu. Itu karena bayi memiliki reaksi alergi atau sensitif pada makanannya. Salah satu reaksi alergi adalah gangguan pencernaan. Pada bayi alergi atau sensitif, senyawa capsaicin ini bisa berpengaruh ke pencernaannya. Tapi ASI tidak memiliki rasa pedas. Jadi senyawa capsaicin yang terkandung di dalam ASI tidak cukup membuat reaksi nyeri atau kepanasan. Tapi bisa bereaksi buat bayi sensitif.
Bukan hanya pedas saja yang bikin bayi terganggu pencernaannya. Kalau memang sensitif, ibu yang makan coklat juga bisa menggangu pencernaan si kecil.

0 comments:

Post a Comment

 
  • Makanan Pedas © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes
    Free Burger Cursors at www.totallyfreecursors.com