Makan Pedas sebelum Tidur Pemicu Mimpi Buruk

 
Setiap orang pasti pernah bermimpi buruk dan gelisah saat tidur. Anda mungkin akan bertanya-tanya: apa sebenarnya pemicu mimpi buruk? Nah, sebuah penelitian membuktikan orang yang makan makanan pedas sebelum tidur lebih berpotensi mengalami mimpi buruk.

Tak hanya itu, pakar tidur di Klinik Cleveland, Charles Bae, mengatakan makan sesuatu yang waktunya terlalu dekat dengan tidur akan memicu lebih banyak mimpi buruk. Sebab, makan di larut malam dapat meningkatkan metabolisme dan suhu tubuh. Itu berpotensi mendorong tindakan berlebihan selama pola tidur rapid eye movement (REM).

Rata-rata, setiap orang alami pola tidur REM selama 90 menit sebagai siklus tahapan tidur. Saat REM, orang paling sering bermimpi dan ototnya mengendur. Otak menjadi aktif layaknya saat terjaga. Mata bergerak meski terpejam.

Mimpi buruk terjadi selama REM. Emosi negatif muncul. Kondisi itu dapat membangunkan seseorang dari tidurnya. Itulah alasan orang lebih sering mengingat mimpi buruk ketimbang mimpi-mimpi lainnya.

Sedikit orang yang mengerti tentang mimpi buruk. Namun para ahli mengatakan mimpi buruk menunjukkan disfungsi pada lobus frontal dan gagal untuk mengendalikan amigdala, yang mengatur memori serta emosi. Gangguan di wilayah itu mungkin berdampak pada orang tanpa masalah mimpi buruk. Hal itu juga berkontribusi terhadap mimpi yang seolah-olah hidup.

Jadi, dapatkah makanan pedas yang habis disantap mengundang mimpi buruk? Lisa Medalie, rekan klinis psikiatri di University of Chicago Hospitals mengatakan jika tubuh kita bekerja keras untuk mencerna makanan berat atau pedas, hal itu mengganggu kontinuitas tidur.

“Kami biasanya menyarankan pasien untuk menghindari makanan berat atau pedas dalam dua hingga tiga jam sebelum jam tidur mereka,” ujar Medalie.

Ini bukan topik yang sering dipelajari tapi satu laporan dari Kanada menyatakan bahwa 8,5 persen dari 389 subyek penelitian menyalahkan mimpi buruk pada makanan.

"Mungkin saja makanan pedas atau makanan lain seperti susu atau makanan berminyak siap saji, kadangkala memicu mimpi buruk atau mimpi aneh lainnya. Mungkin beberapa orang sensitif terhadap komposisi kimia dari makanan tertentu, " tulis Tore Nielsen, profesor di Université de Montreal dan direktur dari laboratorium mimpi dan mimpi buruk di Sacré-Coeur Hospital.

0 comments:

Post a Comment

 
  • Makanan Pedas © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes
    Free Burger Cursors at www.totallyfreecursors.com